Cara Analisis Pasar Ala-Ala Pengusaha Sukses Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya berujar bahwa bagian analisis pasar dari rencana bisnis Anda harus menggambarkan industri Anda dan pengetahuan pasar serta setiap temuan penelitian dan kesimpulan. Bagian ini biasanya disajikan setelah deskripsi perusahaan.

 Apa yang harus kalian sertakan dalam Analisis Pasar

Industri Deskripsi dan Outlook – Jelaskan industri Anda, termasuk ukurannya saat ini dan tingkat pertumbuhan bersejarah serta tren lain dan karakteristik (mis, tahap siklus hidup, proyeksi tingkat pertumbuhan). Selanjutnya, daftar kelompok pelanggan utama dalam industri Anda.

Informasi Tentang Target Pasar Anda

Chandra Ekajaya mengungkapkan bahwa mempersempit target pasar Anda untuk ukuran dikelola. Banyak bisnis membuat kesalahan dengan mencoba untuk menarik terlalu banyak target pasar. Penelitian dan mencakup informasi berikut tentang pasar Anda:

Membedakan karakteristik

Apa kebutuhan penting pelanggan potensial Anda? Adalah mereka kebutuhan terpenuhi? Apa demografi kelompok dan di mana mereka berada? Apakah ada tren pembelian musiman atau siklus yang dapat mempengaruhi bisnis Anda?

Ukuran target pasar primer

Selain ukuran pasar Anda, apa data yang dapat Anda termasuk tentang pembelian tahunan pasar Anda membuat dalam industri Anda? Apa pertumbuhan pasar diperkirakan untuk grup ini? Untuk informasi lebih lanjut, lihat panduan riset pasar kami untuk tips dan sumber informasi gratis pemerintah yang dapat membantu Anda membangun profil pasar.

Berapa banyak mangsa pasar bisa Anda mendapatkan?

Berapa persen pangsa pasar dan jumlah pelanggan yang Anda harapkan untuk mendapatkan di daerah geografis tertentu? Menjelaskan logika di balik perhitungan Anda.
Bila Anda termasuk informasi tentang salah satu tes pasar atau penelitian Anda telah selesai, pastikan untuk hanya fokus pada hasil tes ini. Rincian lainnya harus dimasukkan dalam lampiran.

Analisis Kompetitif

Analisis kompetitif Anda harus mengidentifikasi pesaing Anda dengan lini produk atau layanan dan segmen pasar. Menilai karakteristik berikut dari lanskap kompetitif:

  • Saham
    • Kekuatan dan kelemahan
      • Seberapa penting adalah target pasar Anda dengan pesaing Anda?
        • Apakah ada hambatan yang dapat menghalangi Anda saat Anda memasuki pasar?
          • Apa jendela Anda kesempatan untuk memasuki pasar?
            • Apakah ada pesaing langsung atau sekunder yang dapat mempengaruhi keberhasilan Anda?
              • Apa hambatan pasar yang ada (misalnya, perubahan teknologi, biaya investasi yang tinggi, kurangnya personil yang berkualitas)?

Pembatasan peraturan

Chandra Ekajaya juga menceritakan bahwa sertakan setiap pelanggan atau persyaratan peraturan pemerintah yang mempengaruhi bisnis Anda, dan bagaimana Anda akan mematuhi. Juga, mengutip dampak operasional atau biaya proses kepatuhan akan memiliki pada bisnis Anda. Setelah menyelesaikan bagian ini, Anda bisa beralih ke Organisasi & Manajemen bagian dari rencana bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *