Digital Marketing Sukses Pengusaha Chandra Ekajaya Bisnis You And Me Fashion

Sukses bukan hanya soal keberuntungan saja, jika keberuntungan menjadi tolak ukur suatu kesuksesan maka semua orang tidak bisa berhak mendapatkan kesuksesan. Apakah hanya orang yang beruntung saja yang berhak mendapatkan keberuntungan, jawabanya pasti tidak. Kesuksesan di bangun dengan kerja keras dan strategi pastinya jika dalam ranah berbisnis. Inilah yang dibuktikan pengusaha sukses yang susah mengantarkan You and Me fashion menembus pasar fashion Indonesia Chandra Ekajaya.

Digital Marketing Sukses Pengusaha Chandra Ekajaya Bisnis You And Me Fashion

Pembuktian kesuksesan Chandra Ekajaya bukan mengembangkan bisnis ini memang patut dicontoh dan inspirasi bagi para pengusaha muda di Indonesia. Berbisnis mulai dari nol, bukan perkara mudah dalam mngembangkan bisnis, tidak semua orang bisa sekuat dan terus maju walupun harus terjatuh berkali-kali sebelum menuai kesuksesan. Ketika awal memulai bisnis You and Me fashion dirinya sempat mendapatkan sejumlah permasalahan, mulai dari permasalahan keyakinan apakah ketika memilih bisnis ini akan sukses kedapanya. Kemudian yang kedua ketika awal sudah memulai bisnis permasalahan yang muncul semakin lebih kompleks lagi, bagaimana mengatur, menjalankan dan pemsaran produk. Semuanya menjadi bumbu pelengkap bisnis.  Untuk melawati dan mengatur permasalahan yang muncul dibutuhkan keyakinan dan pastinya kerja keras pantang meyerah. Ada satu buah quotes atau kata mutiara yang menjadi pemicu bagi pengusaha sukses ini terus maju pantang menyerah, quotes tersebut adalah dari Mohammad Nadjikh , pengusaha perikanan, Presiden Direktur PT Kelola Mina Laut Group” dalam quotes tersebut disebutkan bahwa “Seorang entrepreneur harus tahu jalan. Mesti tahu apa yang akan dilakukannya. Kalau ia tahu jalannya, ia tidak akan kaget dan putus asa bila di tengah jalan muncul banyak hambatan dan risiko karena semua sudah diperhitungkan.”.

Kesuksean You and Me fashion tidak terlepas dari berbagai macam strategi yang coba dilakukan oleh Chandra Ekajaya dalam mengembangkan bisnis miliknya. Dirinya melalukan strategi marketing dengan menggunakan dua konsep, konsep marketing offline atau manual dan juga digital marketing. Untuk marketing offline bisa dikatakan ini memang sudah ada sejak dulu dan lumrah dilakukan oleh pengusaha untuk memasarkan dan mengenalkan  produk. Saat ini bermula di awal tahun 2000 an penggunaan digital marketing sebagai media bisnis sudah mulai ramai. Digital marketing sendiri adalah Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Banyak pengusaha yang sudah mencoba menerapkan cara ini dan ternyata menuai keberhasilan. Sebanrnya digital marketing memiliki banyak jenis, mulai dari The data whiz, The E-Artiste, The social media master, The beta taster, The marketing megaphone, The old school advertiser dan yang terakhir adalah The snarky marketer. Banyak jenis dari digital marketing, dari jenis-jenis tersebut banyak keunggulan dan kelemahan dari penggunaaan jenis-jenis tersebut. Ketika akan menggunakan digital marketing kita harus menganalisa bisnis apakah kita ini, baru kemudian dari hasil analisis tersebut jenis usaha kita cocok menggunakan jenis digital marketing yang mana.

Digital Marketing Sukses Pengusaha Chandra Ekajaya Bisnis You And Me Fashion

Untuk bisnis You and Me fashion pengusaha Chandra Ekajaya menggunakan jenis digital marketing The social media master untuk pemasaran produk. The social media terster digunakan untuk mereka yang terus melihat dan mengamati perkembangan sosial media. Mereka akan terus menganalisa apakah satu sosial media memiliki sebuah bug yang nantinya akan berpengaruh terhadap penggunaannya. Karena sosial media menjadi satu tempat untuk promosi bisnis yang mudah digunakan, sehingga akan banyak yang menggunakannya sebagai sarana promosi bisnis. Lebih dari hampir 90% dari pengguna sosial media akan membagikan konten yang mereka sukai kepada orang lain. Ini akan menjadi peluang bagi sebuah bisnis yang menggunakan sosial media untuk promosi. Konten yang dibuat haruslah menarik sehingga mampu membuat pengguna sosial media tertarik dan membagikannya. Hal ini dirasa sangat cocok dengan bisnis fashion, ketika konten atau produk bagus dan menarik perhatian konsumen secara tidak langsung juga mereka akan membagikan hal tersebut kepada orang lain mulai dari teman terdekat, keluarga dan lingkungan sekitar.

Media sosial yang digunakan untuk melakukan promosi dan pemasaran menggunakan media sosial yang sedang favorit dan memiliki traffic pengunjung banyak. Saat ini ada beberapa pilihan penggunaaan media sosial yang memiliki traffic besar seperti facebook, twitter, dan juga yang sedang booming adalah Instagram. Kontent pun harus disesuaikan, pengusaha sukses Chandra Ekajaya dalam memuat konten yang akan digunakan untuk melalukan promosi dan pemasaran sangat selektif dan harus sesuai dengan target pasar. Ketika berbicara tentang pria makan produk yang harus dikeluarkan memuat konten mengani pria, konten tersebut harus bisa mengeluarkan makna dan pesar dari produk yang dipasarkan dalam konten tersebut. Jangan sampai konten tersebut malahan membuat produk tersebut tidak memiliki makna. Sama juga dengan produk perempuan konten tersebut harus mampu menonjolkan dan menampilkan  makna dari produk tersebut.

Pengusaha Chandra Ekajaya awalnya hanya melakukan semuanya sendiri tanpa bantuan orang lain, namun dirasa hal tersebut mulai kewalahan ketika bisnis You and Me fashion sudah mulai berkembang pesat. Dirinya kemudian merekrut beberapa orang yang sudah expert dalam bidang digital marketing untuk bekerja bersamanya. Orang-orang tersebut merupakan ada beberapa yang tadinya sudah bekerja di bidang tersebut dan memang ada beberapa orang yang masih menjadi mahasiswa. Semuanya masih dalan rentan umur muda, pemilihan umur juga tidak asal dan sembarangan. Pemilihan karyawan di bidang digital marketing dengan mempekerjakan anak muda merupakan salah satu strategi, jika bisa dinalar jika mempekerjakan orang  dengan rentan umur tua makan bisa dikatakan konten yang dimuat tidak bisa menyasar generasi muda. Karena segmen pasar adalah orang dengan rentan umur muda makan dipilihlah orang dengan rentan umur muda untuk menghendel pekerjaan digital marketing. Hal ini juga dilakukan untuk mengoptimalkan potensi produkm, diharapkan konten dan ide yang dimuat akan sesua dengan produk anak muda, dan anak muda akan tertarik dan bisa menerima pesan konten yang dimuat .

Salah satu perusahaan yang sukses menggunakan digital marketing sebagai contoh Chandra Ekajaya dalam mengembangkan  You and Me fashion adalah perusahaan Martha Tilaar. Perusahaan kosmetik ini sukses menggunakan cara digital marketing dalam mengembangkan produk dengan konten berkualitas. Dari data yang ada dan dilakukan riset oleh pihak perusahaan ika dibandingkan dengan media promosi lain seperti media cetak ataupun media promosi konvensional, nyatanya biaya yang dikeluarkan bakal lebih hemat dan menunjukkan hasil yang lebih maksimal. Sebagai perbandingan, ketika Martha Tilaar menjalin kerjasama dengan blogger yang khusus membahas perihal fashion dan kosmetik, hanya dalam 4 bulan saja, penjualan produk listrik terbaru dapat mencatatkan jumlah hingga 2 juta batang. Ini belum termasuk, keuntungan lain seperti adanya brand awareness yang muncul di mata konsumen.

Kemungkinan-kemungkinan inilah yang menjadi landasan pengusaha sukses Chandra Ekajaya dalam melaukan pengembangan bisnis miliknya. Namun selain menggunakan digital marketing pastinya juga menggunakan media konvsensional, namun penggunaan secara konvensional mulai dikurangi karena secara hasil kurang efektif, juga jika menggunakan media konvesnional biaya yang dikeluarkan lebih besar daripada menggunakan media digital marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *