You and Me Fashion Brand Store Pengusaha Sukses Chandra Ekajaya

Inspirasi bisnis memang bisa datang dari mana saja, terkadang sesuatu yang tidak terfikirkan sebelumnya bisa menjadi suatu ide membuat bisnis yang sukses. Bisnis bukan berarti tentang modal saja, bisnis membutuhkan kreatifitas, inovasi dan ide. Ide bisa datang dari mana saja tinggal bagaimana kita bisa mengimplementasikanya menjadi bisnis. Inilah yang coba di dilakukan oleh pria kelahiran Malang jawa Timur, yang sekarang menjadi pengusaha sukses yaitu Chandra Ekajaya.

You and Me Fashion Brand Store Pengusaha Sukses Chandra Ekajaya

Petualangan bisnis sang pengusaha memang terbilang berjalan mulus dan tanpa kendala dalam mengembangkanya. Pemilihan bisnis fashion menjadi salah satu keputusan terbaik bagi dirinya. Sewaktu akan memnentukan pilihan akan berbisnis apa, Chandra Ekajaya sempat bingung dengan bisnis apa yang akan dibuat. Ada beberapa pilihan bisnis yang sebenarnya memiliki nilai peluang dan kesuksesan besar seperti bisnis kuliner, namun dirinya lebih memilih bisnis fashion. Pengambilan keputusan ini dilakukan setelah mendengar saran dari beberapa teman dan saudaranya. Menurut teman dan saudaranya bisnis fashion saat ini memiliki potensi dan peluang yang besar. Fashion saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok, bagi orang perkotaan, orang perkotaan bisa setiap minggu pasti meluangkan waktu untuk berbelanja fashion. Fashion sudah menjadi kebutuhan pokok selain makanan. Perubahan pola ini semenjak tahun 2000 an. Akibatnya dari pergeseran pola pikir ini yang tadinya hanya kepada orang perkotaan, saat ini sudah mulai merambah di daerah bahkan perdesaan.

Chandra Ekajaya menentukan keputusan untuk berbisnis fashion bisa dibilang lumayan lama. Setelah meminta saran dari teman dan saudaranya, berselang 5 bulan barulah dirinya memberanikan diri untuk memulai petualangan bisnis fashion miliknya. Mengusung fashion kekinian dan trendy dirinya memberikan brand dengan nama You and Me fashion. You dan Me diambil dari bahasa inggris dengan artian aku dan kamu. Filosofi yang terkandung dari makna tersebut bagi pengusaha sukses ini adalah dirinya ingin menjadikan bisnis fashion ini menguntungkan kepada konsumen karena membeli produk yang dijual dan bagi dirinya mendapatkan keuntungan berupa keuntungan finansial. Prinsip yang diterapkan dalam nama  brand juga sebagai motifasi dalam berbisnis. Dirinya ingin dalam bisnis yang ditekuni bisa memberikan kualitas kepada pembeli dan senang dengan produk yang dijual.

You and Me Fashion Brand Store Pengusaha Sukses Chandra Ekajaya

Akhirnya bisnis fashionnya pun berdiri pada tahun 2014. Harapan dan impian menyertai dibukanya bisnis fashion miliknya, keinginan menjadikan brand fashion miliknya bisa bersaing dan menjadi brand fashion sukses di Indonesia selalu berputar-putar dalam kepala Chandra Ekajaya. Dengan modal yang bisa dibilang lumayan dari tabungan miliknya dengan modal Rp 10 juta rupiah. Angka yang bida dibilang banyak bagi dirinya namun belum tentu bagi orang lain. Uang tersebut dirinya kumpulkan dari tabungan selama 2 tahun terakhir. Bisnis fashion You and Me bukan hanya menyasar 1 gendre saja, namun semua gendre entah laki-laki maupun perempuan. Produk yang dijual pun bisa dikatakan sangat beragam, mulai dari baju, celana, rok, tas, sepatu dan accesoris. Dirinya tidak ingin hanya mengambil satu segmen pasar dan gendre, hal ini dikarenakan dirinya ingin bisa bisnisnya menyasar pasaran secara luas dan tidak terbatas. 2 bulan berjalan dari dimulainya bisnis, bisa dikatakan bisnis fashion miliknya memiliki prospek yang bagus setelah di analisis oleh dirinya. Dibulan dan pertama produk yang dijual laris manis dibeli oleh konsumen. Dari dua bulan tersebut dirinya sempat kewalahan melayani permintaan tas untuk perempuan dan sepatu untuk laki-laki. Dua produk ini ternyata sangat di gemari oleh konsumen.

Produk yang dijual adalah produk yang diambil dari luar negeri dan juga ada produk lokal asli Indonesia. Produk lokal menjadi salah satu idaman konsumen dan prioritas dalam penjualan. Dirinya ingin mengembangakn produk lokal menjadi produk unggul di negara sendiri. Produk lokal memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk dari luar negeri. Bahkan terkadang ada produk lokal lebih bagus dan lebih murah daripada produk luar negeri dengan harga yang mahal namun kualitas biasa saja.

You and Me Fashion mengalami perkembangan pesat pada bulan ke 6 dan 1 tahun kemudian. Produksi yang tadinya hanya setiap bulanya 1000 item dari berbagai jenis produk. Secara signifikan naik seiring dengan perkembangan bisnis miliknya. Peningkatan tersebut bisa dibilang sangat signifikan, yang tadinya hanya 1000  item kemudian bertambah menjadi 3000 item sebulan. Bahkan terkadang ada beberapa jenis produk yang melebihi target, dan kemudian dengan konsekuensi tersebut harus stok ulang atau bahkan pre order. Dalam kurun waktu 1  bulan pendapatan yang bisa diraup dari bisnis fashion ini bisa mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah. Walaupun baru memiliki 1 gerai atau outlet resmi, namun dirinya mencoba mengoptimalkan bisnis dengan cara strategi menggunakan media online. Media online menjadi salah satu andalan bagi dirinya untuk memasarkan produk dan memperkenalkan produk kepada masyarakat luas. Tidak terbatasnya tempat membuat strategi menggunakan media online bisa dikatakan sangat efektif , cepat dan pastinya tidak terlalu membutuhkan biaya yang besar. Media online yang digunakan untuk media pemasran adalah media sosial berupa instagram ,facebook, twitter dan juga membuag website pribadi sebagai store resmi. Bukan hanya itu, saat ini munulnya market place sangat membantu dirinya semakin memeprluas jaringan pemasaran. Bukalapak dan Tokopedia menjadi salah satu market place andalan pengusaha Chandra Ekajaya untuk memasarkan produknya.

Saat ini You and Me fashion menjadi salah satu store bran fashion populer di Indonesia. Di tahun 2016 saja Chandra Ekajaya sudah menambah gerai atau store perbelanjaan di beberapa kota besar di Indonesia. store awal yang tadinya hanya satu dan berada di daerah Bandung saat ini mulai melebarkan sayap di kota besar di Indonesia mulai dari Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Masing-masing dari kota memiliki satu store resmi dan dikelola oleh orang kepercayaan dari pengusaha sukses ini. Bukan tidak mungkin kedepanya buka hanya membuka store pribadi namun juga berniat untuk berkerjasama dengan departments store untuk menjual produk dari brand store You and Me fashion.

Kepiawaian bisnis pengusaha Chandra Ekajaya yang berhasil mengantarkan brand store You and Me fashion memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Berbisnis mulai dari nol hingga berhasil sampai sekarang memang tidak sempat terpikirkan oleh pengusaha kelahiran Malang ini. Ketulusanya dalam mengembangkan bisnis dan kepiawaian dalam mengelola dan melihat peluang menjadi salah satu faktor utama bagi dalam menjadikan bran store You and Me sukses menjadi salah satu brand store fashion populer di Indonesia. Namun dirinya tidak mudah puas dengan apa yang sudah dicapai saat ini, impian dan harapan untuk menjadikan You and Me fashion mampu menjadi brand store sukses di Indonesia bahkan bisa menembus pasar global harus bisa dirinya wujudkan. Namun kerja keras dan pintar dalam mengatur bisnis menjadi salah satu senjata utama agar cita-cita nya terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *