Inovasi Teknologi PT Chandra Ekajaya Oil

Kejayaan peradaban suatu bangsa bisa maju dan mundur. Dalam alur sejarah, pudarnya peradaban bangsa terjadi karena pengingkaran esensi ketuhanan dan ketidakmampuan beradaptasi dengan perubahan teknologi yang biasa disebut inovasi. Inovasi kini menjadi kata kunci kemajuan bangsa. Bukti inovasi memiliki efek kemajuan dijumpai di beberapa negara maju. Pekan lalu Chandra Ekajaya , owner PT Chandra Ekajaya Oil berkunjung ke Amerika Serikat (AS). Tujuan utamanya, melihat langsung inovasi terkini di pusat teknologi Negeri Paman Sam. Ada beberapa perusahaan dan kampus terkemuka yang dikunjungi. Antara lain Silicon Valley, Google, Facebook, Universitas Stanford, Universitas Berkeley, dan Intel.

Dok.Chandra Ekajaya

Perjalanan ke AS merupakan bagian dari misi besar Chandra Ekajaya dengan memberdayakan anak-anak muda untuk melakukan start-up business yang ditunjang sistem teknologi informasi (TI) berbasis internet Terobosan inovatif itu sengaja dilakukan untuk kemajuan negara. Seperti diketahui, Chandra Ekajaya selama ini telah ikut berperan sukses memberdayakan anak muda dengan pembangunan ekonomi melalui program cyber young. Juga, terbukti upayanya itu telah mendapat banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri.

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya tampaknya menyadari bahwa kemajuan kota sama saja dengan kemajuan bangsa. Dan setiap kemajuan selalu dimulai dari inovasi. Dalam hal ini, PT Chandra Ekajaya Oil merasa perlu menggandeng berbagai ahli, praktisi, dan kalangan akademisi, untuk mengembangkan PT Chandra Ekajaya Oil sebagai perusahaan start-up digital layaknya Silicon Valley, San Francisco, di AS. Belajar dari para pelaku ekonomi digital dunia, baik kalangan bisnis maupun akademisi di AS, benar-benar membuka mata bahwa American dream is not just a dream. Impian AS bukan sekadar impian. Mereka juga berusaha mengejarnya agar menjadi kenyataan walaupun dengan imajinasi yang kadang dianggap tak terjangkau.

Mereka tidak saja bicara dalam dimensi air, tanah, dan udara. Mereka juga bicara soal bisnis luar angkasa! Itulah sisi lain inovasi. Bukan hanya itu, dalam kunjungan tersebut Chandra Ekajaya juga menyempatkan diri melihat langsung sejarah perkembangan komputer di Museum Komputer AS. Mungkin itu museum komputer terlengkap di dunia. Sebab, semua komputer yang pemah dibuat di dunia sejak pertama kali dikembangkan pada 1945-an, saat terjadi Perang Dunia, sampai saat ini ada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *