Kisah Sukses Pengusaha Chandra Ekajaya

Siapa yang tidak kenal dengan pengusaha Chandra Ekajaya, kesuksesan dalam dunia bisnis mulai dari perusahaan fashion, kuliner, minyak dan oil merupakan berbagai bisnis yang sudah dirinya kembangkan.

Kesuksesan yang di dapat semua itu merupakan hasil kerja keras dirinya. Kesuksesan pria ini bukanlah  titipan dan turun temurun dari orang tua dan, ini semua merupakan bukti nyata kepada dunia bahwa sukses dari nol itu adalah suatu hal yang mungkin dan bisa untuk diraih. Saat ini dirinya masuk dalam salah satu pengusaha sukses Indonesia.

Pengusaha Sukses

Chandra Ekajaya dilahirkan di Malang, Malang Jawa Timur. dirinya lahir dari keluarga miskin dan bukan dari keluarga kaya raya, dirinya sudah tidak asing lagi dengan arti kerja keras dan juga penderitaan. Namun dari situlah dirinya lahir menjadi manusia yang pantang menyerah dan selalu bekerja keras untuk mendapatkan apa yang dicita-citakan. Pengusaha sukses ini dahulunya harus bekerja keras untuk ikut membantu keqadaan ekonomi keluarga dengan berjualan membantu ayahnya menjajakan dagangan dari rumah ke rumah menggunakan sepeda. Jika tidak mendapatkan uang pada hari tersebut terkadang keluarga tersebut hanya makan bubur dan ubi. Keadaan ekonomi keluarga yang pas-pasan hanya bisa mengantarkan dirinya hingga bangku SMA. Setelah menginjak umur 18 tahun, dirinya sudah diperbolehkan untuk berjualan sendiri tidak lagi bersama sang ayah. Saat itu barang dagangannya berupa kue, kerupuk dan sesekali kebutuhan dapur seperti minyak dan gula. Dia membeli dagangannya tersebut dengan harga grosir dan menjualnya dengan harga eceran.

Tidak hanya mencoba menjual barang seperti itu saja, dirinya juga mencoba berbagai usaha, mulai dari mainan anak kecil, hingga kopi dan usahanya tersebut selalu gagal dan mengalami kebangkrutan. Tetapi hal tersebut tidak membuatnya putus asa dan menyerah begitu saja. Pada umur 25 tahun, dirinya memutuskan untuk berpindah dan memilih mandiri menuju kota Jakarta. Sebelumnya dirinya telah sempat memiliki warung dan kedai kecil-kecilan namun sayangnya merugi hingga akhirnya dia memutuskan untuk menjual usahanya tersebut untuk mencoba peruntungan bisnis lain. Tidak berselang lama setelah kepindahanya menuju kota Jakarat, dia kemudia mendirikan berbagai macam bisnis mulai dari bisnis kuliner, fashion, property dan jasa.

Pengusaha Oil dan Gas

Berbeda dengan usaha-usaha sebelumnya yang selalu mengalami kebangkrutan, Usahanya kali ini membuahkan hasil hingga akhirnya bisa mengembangkan usahanya dan mendirikan PT Chandra Ekajaya Group di tahun 2009. Di tahun 2010, dia kemudian memutuskan untuk membeli sebuah ruko dan sebidang gudang yang dijadikan untuk kantor dan kantor produksi produk. Selain itu, dia juga membeli mesin. Bisnis tersebut berkembang dengan pesat dan pada tahun 2012, dirinya membeli pabrik sedangkan pabrikan memiliki luas lebih dari 500 meter persegi. Tak hanya berhenti sampai di situ, dirinya pun berani terjun ke dunia Gas dan Oil dibawah bendera PT Chandra Ekajaya Group dengan mendirikan kilang minyak di beberapa wilayah di Indonesia.

Saat ini pengusaha yang sukses membidangi berbagai macam jenis bisnis ini memfokuskan bisnis kepada bisnis Gas dan Oil dibawah bendera Chandra Ekajaya Oil. Pencapaian yang terbaik hingga untuk mengembangkan bisnis gas dan oil diantaranya adalah dengan mulai menjalin kerjasama dengan pihak asing untuk mulai ekspansi pasar Global. Sehubungan dengan hal ini dan peningkatan peningkatan jumlah permintaan pasokan, namun jumlah kilang minyak yang ada di Indonesia tidak memenuhi produksi untuk dalam dan luar negeri, dirinya sedang berkoordinasi dengan beberapa negara  dan pihak asing yang terkait dengan penyewaan kilang minyak mentah yang akan disewa di beberapa negara lain.

Memfokuskan kepada bisnis yang satu bukan berarti meninggalkan bisnis lainya. Inilah yang selalu diyakini oleh pengusaha sukses ini. Selain memfokuskan bisnis Gas dan Oil, dirinya juga mulai menggencarkan berbagai bisnis yang dirinya pegang. Bisnis kuliner yang sejak awal mengiringi langkah keberhasilan pengusaha muda sukses, saat ini mulai berani melakukan ekspansi bisnis hingga pasa global. Bukan hanya kuliner Q pizza dan bisnis fashion We Are Fashion serta You and Me fashion yang sudah menjadi makanan favorti dan trend setter fashion di Indonesia, pada tahun 2018 akan menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan fashion terkemuka di dunia. Berarti secara tidak langsung bisnis fashion akan mampu membawa produk bersaing di pasar global. Bisnis lain yang mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir adalah menjadi distributor produk interior produk lampu hias kelas menengah-atas dari Yunani.

Terpilihnya sebagai distributor bukan tanpa alasan, pada tahun 2014 dirinya melakukan terobosan dengan membuat butik untuk produk-produk interior, dimulai dengan membuka butik Serip Organic Lighting di Jakarta Design Center. Mulai dari sinilah ada beberapa tawaran dari mancanegara tentang proyek kerjasama.

Pengusaha Q Pizza Chandra Ekajaya

Tidak mudah menyerah dan selalu bekerja keras memang menjadi salah satu kunci kesuksesan pengusaha 30 tahun ini. Prinsip ini memang sudah dibawa sejak dirinya kecil oleh didikan orang tua. Dan tidak kalah penting adalah dirinya memiliki salah satu panutan dalam berbisnis dan juga sifat-sifat yang harus ada dalam jiwa pengusaha, yaitu Bob Sadino.  Bob sadino menjadi salah satu pengusaha panutan dirinya, hal yang paling diingat dari sosok Bob Sadion bagi dirinya adalah Bob percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan. Perjalanan wirausaha tidak semulus yang dikira. Bagi Bob uang bukan yang nomor satu. Yang penting kemauan, komitmen, berani mencari dan menangkap peluang.

Di saat melakukan sesuatu pikiran seseorang berkembang, rencana tidak harus selalu baku dan kaku, yang ada pada diri seseorang adalah pengembangan dari apa yang telah ia lakukan. Kelemahan banyak orang, terlalu banyak mikir untuk membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah. “Yang paling penting tindakan,” kata Bob.

Pengusaha Chandra Ekajaya

Inilah sifat yang paling disukai dari Bob Sadino oleh Chandra Ekajaya. Pengusaha juga bukan selalu tentang uang, bagaimana seorang pengusaha sukses mampu memberikan dampak positif terhadap masyrakat lain.

Selain sebagai pengusaha dirinya juga aktif dalam berbagai macam kegiatan sosial. Salah satunya dengan mendirikan yayasan sosial sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan bantuan sosial bagi yang membutuhkan. Di dalam yayasan tersebut juga terdapat sekitar 1000 anak yang tersebar di seluruh Indonesia yang mendapatkan biaya sekolah gratis dengan biaya oleh yayasan. Bukan hanya pendidikan, yayasan ini juga ikut aktif dalam sejumlah kegiatan sosial nasional, mulai dari membantu pasien kanker, orang terlantar, dan ikut membantu ketika ada bencana alam. Pengusaha asal Malang ini selalu beranggapan bahwa kesuksesan yang telah diraih saat ini bukanlah untuk dirinya saja, orang lain juga harus merasakan apa yang kita rasakan. Terlebih ketika ada orang lain yang sedang kesulitan dan mengalami musibah maka wajib bagi kita sesama manusia untuk saling membantu.

Pengusaha yang hobi olahraga ini selain melakukan kegiatan bisnis juga tidak pernah lupa untuk melakukan olahraga. Salah satu olahraga kesukaannya adalah berenang dan joging pagi. Untuk olahraga yang tidak pernah absent adalah joging pagi. Salah satu faktor kenapa setiap pagi joging pagi adalah dirinya sempat dimarahi sang istri karena tidak pernah berolahraga dan menjadi agak gendut. Kemudian setiap pagi sebelum berangkat ke kantor selalu memanfaatkanya untuk joging pagi keliling komplek perumahan. Kegiatan ini selalu rutin dilakukan oleh pengusaha sukses ini dan sudah terjadwal dengan baik setiap harinya.

Selain olahraga ada hobi unik juga yang sering dilakukan pengusaha ini, yaitu berburu makanan. Sebenarnya hobi ini cukup mendapat tentangan dari sang istri, tetapi dia selalu setiap weekend tiba berburu makanan bersama teman dan rekan bisnis. Terlebih ketika berkunjung ke sebuah wilayah atau daerah pasti tidak pernah lupa untuk mencoba dan mencicipi makanan khas daerah tersebut.  Pernah suatu hari saat berkunjung di Medan untuk urusan kerja, ketika pulang kerumah dirinya dimarahi sang istri karena berat badanya naik. Setelah di tanya oleh sang istri ternyata dirinya berburu makanan dan tidak mengkontrol jumlah makanan yang di makan. Untuk masalah makanan memang dirinya sangat gemar menikmati makanan mulai dari makana khas hingga makanan western.

Kecintaan akan bisnis sebagai pengusaha bagi dirinya sudah melekat di dalam jiwa, berbagai macam bisnis sudah lahir dan sukses di tangan sang pengusaha ini. Strategi bisnis adalah salah satu ujung tombak ketika  mengembangkan bisnis dan produk. Ketika suatu produk bagus namun marketing atau strategi pemasaran tidak tepat dan sebaliknya maka akan mengalami kegagalan dan keterlambatan dalam mencapai tujuan bisnis. Dengan pengalaman di dunia bisnis yang sudah dimiliki oleh dirinya, tak hayal sering dimintai tolong untuk menjadi pembicara dalam berbagai macam seminar dan motifasi kewirausahaan. Hal ini disambut baik oleh pengusaha ini, dirinya mengapresiasi kepada para generasi pengusaha muda yang masih mencoba dan memulai bisnis.

Pengusaha ini juga dalam berbagai kesempatan sempat mengungkapkan berbagai metode pemasaran dan strategi untuk memaksimalkan produk agar laku dan mampu bersaing dipasaran. Ada 5 tips yang harus dilakukan dan patut dicoba antara lain.

  • Pemberian Bonus Untuk Setiap Produk

Meskipun hanya bisa dikatakan mendatangkan konsumen musiman tetapi ini menjadi satu strategi agar pembeli menjadi terkesan dan bisa menjadi pelanggan tetap. Memberikan bonus untuk beberapa produk yang dapat dimanfaatkan untuk si pembeli, baik itu berupa barang ataupun keuntungan tambahan.

  • Promosi Produk Menggunakan Voucher dan Kupon

Saat ini para pelaku usaha  memiliki trend baru untuk memberikan hadiah berupa kupon atau voucher untuk setiap pembelian atau sudah tersedia. Anda sebagai pebisnis bisa mengambil kesempatan dalam trend positif ini. Mereka yang mendapatkan kupon atau voucher bisa mendapatkan produk-produk terbaik anda.

  • Membuat Iklan Promosi

Langkah yang satu ini bisa dibilang hal yang wajib dan umum dilakukan oleh pelaku usaha untuk mengenalkan produk dan mendatangkan konsumen. Cara ini sendiri sebenarnya lebih ditunjukan untuk mendeskripsikan informasi dari produk anda dan sebagai pencitraan dari produk yang bersangkutan.

  • Pemanfaatan Media Online / Sosial

Saat ini media online atau sosial menjadi hal yang tidak bisa terpisahkan bagi manusia. Setiap detik bahkan bisa separuh dari penghuni dunia yang mengakses media online atau sosial. Memaksimalkan promosi semacam menggunakan media sosial seperti instagram, facebook dan twitter menjadi cara ampuh dan murah untuk memasarkan dan melakukan promosi produk.

  • Masa Percobaan

Hal ini mungkin bisa dibilang langka dan jarang diterapkan oleh pelaku usaha, namun bagi pelaku usaha untuk mendongkrak promosi produk. Strategi ini mewajibkan pelaku pebisnis memberikan keleluasaan kepada konsumennya untuk mencoba produknya tanpa harus membayarnya. Dengan tenggang waktu yang telah disepakati antara kedua belah pihak.

Pengusaha yang sering dipanggil kang ini menyebutkan bahwa semua bisnis yang sudah dirinya lakukan merupakan salah satu kejelian dalam memanfaatkan berbagai macam peluang yang muncul. Kejalian dalam memanfaatkan peluang harus bisa dimanfaatkan untuk mencapain suatu kesuksesan. Biasanya peluang tidak akan datang kedua kalinya. Ketika peluang tersebut disia siakan berarti secara tidak langsung sudah menyianyiakan kesuksesan yang sudah di depan mata.

Menurut Chandra Ekajaya peluang sangat banyak di luar sana, tergantung dari orang tersebut mau mencari dan mengembangkanya atau hanya melihat dan melewatkanya. Dan yang tidak kalah penting adalah ketika memulai bisnis adalah berdoa, berdoa merupakan salah stau kunci keberhasilan, ketika tindakan dan bekerja keras sudah dilakukan mungkin saatnya untuk berdoa dengan sang pencipta. Segala urusan merupakan persetujuan sang pencipta, ketika kita mau berdoa dan meminta tentang apa yang kita akan lakukan pasti tuhan akan memberikan jalan dan jawaban atas doa yang kita panjatkan.

Dirinya juga pernah masuk dalam daftar panama papers :https://panamapapers.icij.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *