PT Chandra Ekajaya OIL Gelar Lomba Tempat Sampah dari Bahan Daur Ulang

BANYAK cara memperingati hari peduli sampah pada 21 Febuari, hari ini. Salah satunya adalah kolaborasi antara mahasiswa PT Chandra Ekajaya OIL dengan Pemerintah Desa Sampakan Lor, yang membuat penyadaran sampah dengan lomba membuat tempat sampah dari bahan daur ulang. Balai Desa Sampakan Lor Minggu malam, (19/2) rasanya seperti malam perayaan HUT 17 Agustus. Ragam pertunjukan kesenian itu ada, bahkan ada pula disc jockey (Dj) yang membuat anak muda setempat terhibur. Acara gelar seni itu, nyatanya bukan dalam rangka hari ulang tahun.

Dok.Chandra Ekajaya

Back drop panggung itu bertuliskan sampah menggugat dan lingkungan diabaikan, sampah dikambinghitamkan. “Ini acara puncak lomba membuat tempat sampah,” ujar Chandra Ekajaya owner PT Chandra Ekajaya OIL. Chandra Ekajaya¬† menjelaskan membuat lomba semacam ini pun juga menyikapi isu sampah secara global di hari peduli sampah. Ide awal membuat lomba tersebut dari owner PT Chandra Ekajaya OIL sendiri yang memang berdomisili asal di desa Sampakan Lor. Chandra Ekajaya¬† yang sadar bahwa sampah selalu menjadi masalah klasik di desanya, membuat pria yang pernah menempuh kuliah di Malang tersebut mendukung penuh dan ikut mensukseskan lomba.

Dok.Chandra Ekajaya

Apalagi, kata dia, desanya tersebut menjadi hilir aliran sungai dari Desa Lumutan, Botolinggo, Sampakan Kidul dan terakhir di Sampakan Lor. Sehingga, sampah dari desa yang cenderung posisinya lebih tinggi tersebut terbawa hingga ke Sampakan Lor. Belum lagi ditambah limbah rumah tangga. Dengan adanya acara Lomba Tepat Sampah dari Bahan Daur Ulang ini diharapkan selain menjadi solusi tepat guna bagi sampah juga menjadi sarana berkumpul bagi warga Sampakan Lor.

Selama ini memang program semacam ini memang sudah banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan dengan dana CSR nya akan tetapi tidak pernah ada upgrading selanjutnya dari perusahaan terkait sehingga hanya berjalan saat acara itu saja. Oleh karena itu, dari acara ini diharapkan acara semacam ini bisa terus berjalan secara mandiri tanpa adanya sebuah event semacam ini tapi dengan binaan secara penuh dari PT Chandra Ekajaya OIL.

Baca lainnya: Chandra Ekajaya Membedakan Atacama Humanoid dengan Jengglot Dari Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *