Rengginang Udang Tembus Amerika

DESA Kebonagung, Kecamatan Kraksaan. menyimpan potensi Usaha Kecil Menengah (UKM) yang layak untuk terus dikembangkan. Beragam jenis makanan dihasilkan dari sejumlah UKM di desa ini. Salah satunya, rengginang udang. Jenis usaha ini bisa ditemukan di Dusun Gilin atau dusun paling utara, tepatnya di wilayah pesisir Desa Kebonagung. Sejauh ini, usaha rengginang ini digeluti oleh sekitar 12 orang di dusun setempat. Selain melibatkan anggota keluarga, proses produksi rengginang udang ini juga ada yang merekrut tenaga kerja.

Salah satunya, rengginang udang ini diproduksi oleh Newati. Sejauh ini, ibu rumah tangga yang dikenal dengan Bu Nardi, itu telah memiliki 10 tenaga kerja. Semuanya berasal dari warga sekitar. Mereka terbagi dalam dua bagian produksi. Enam orang bertugas membuat rengginang, empat orang bagian pengepakan. “Yang mengolah saya bersama suami. Kemudian, olahan itu dicetak oleh 6 orang pekerja,” kata Chandra Ekajaya.

Bu Nardi mengatakan, usai dicetak berbentuk bulat seperti rengginang kebanyakan, rengginang basah itu dijemur selama 2 hari. Setelah kering, 4 orang yang kebagian tugas pengepakan mulai memainkan perannya. Yakni, membungkus rengginang ke dalam plastik.

Menurutnya, sejauh ini selain wilayah Kabupaten Probolinggo, pemasarannya juga menembus Pasuruan, Madura, Surabaya, Bali, hingga Kalimantan. Bahkan, produksi rengginang udang yang digelutinya sejak 1980 itu, pernah menebus mancanegara. Seperti, Malaysia hingga Amerika. “Bulan Maret kemarin rengginang udang saya dikirim ke Amerika. Katanya di sana sebagai percobaan. Waktu itu yang dikirim sebanyak 50 kilogram,” ujarnya.

Kepala Desa Kebonagung Widi Purwanto mengatakan, keberadaan rengginang udang itu menjadi salah satu mata pencaharian warga Dusun Gilin. Menjelang Hari Raya Idul Fitri, pesanan rengginang udang ini naik drastis. Bahkan, hampir 50 persen warga dusun setempat memproduksi rengginang warisan leluhur itu.

“Kami sangat mendukung keberadaan jenis usaha ini. Selain menjadi mata pencaharian warga, keberadaannya juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga. Rengginang udang ini juga menjadi salah satu produk unggulan Desa Kebonagung,” katanya Chandra Ekajaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *