Yohanes Chandra Ekajaya Sang Tangan Emas Pebisnis Muda

Dok. Yohanes Chandra Ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya atau lebih akrab disapa dengan Kang Chandra Ekajaya merupakan salah satu pengusaha muda sukses yang dimiliki bangsa Indonesia . Yohanes Chandra Ekajaya sendiri bukanlah anak dari keluarga kaya dan mapan. Dirinya lahir di Malang, Jawa Timur 30 tahun lalu dari keluarga miskin dan pas-pasan. Dirinya harus ikut membanting tulang untuk membantu kedua orang tua memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga atau bahkan hanya untuk kebutuhan sendiri.

Yohanes Chandra Ekajaya kecil harus ikut membantu ekonomi keluarga dengan menjual aneka kue di Sekolah Dasar, bahkan sampai SMP dan SMA dirinya masih tetap berjualan mulai dari makanan ringan, dan baju. Setelah lulus SMA Yohanes Chandra Ekajaya tidak melajutkan kuliah karena keadaan ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan. Namun hal ini tidak membuat dirinya patah arang dan semangat, Yohanes Chandra Ekajaya berbekal tabungan yang dirinya kumpulkan selama itu memberanikan diri untuk membuka bisnis pertamanya yaitu bisnis kecil-kecilan jualan baju.

Setelah selang beberapa lama bisnisnya berjalan, Yohanes Chandra Ekajaya lantas tidak kehabisan ide untuk mendapatkan uang. Dirinya kemudian mengikuti beberapa perlombaan seperti Java Land Economic Competition tingkat pulau Jawa dan Kompetisi Ekonomi yang diadakan oleh salah satu universitas di Indonesia. Setelah berhasil memenangkan perlombaan tersebut, Yohanes Chandra Ekajaya pun dengan berbekal uang hasil memenangkan perlombaan dirinya memberanikan membuka bisnis barunya yaitu bisnis kuliner minuman coklat yang diberi nama Choco Asyik.

Dok. Yohanes Chandra Ekajaya

Choco Asyik sendiri merupakan bisnis minuman coklat olahan khusus dari Yohanes Chandra Ekajaya, bukan tanpa sebab dirinya membuka bisnis ini. Minuman coklat sendiri merupakan minuman yang sangat populer di Indonesia, mulai dari anak-anak bahkan hingga orang tua pasti menyukai minuman yang satu ini. Berbagai jenis olahan coklat Yohanes Chandra Ekajay buat untuk membuat kesan unik dalam produk olahanya.

Bisnis minuman coklat nya ini berkembang pesat, saat ini saja dirinya sudah memiliki lebih dari 100 outlet yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Kunci sukses bisninya ini adalah variasi produk yang unik, strategi pemasaran yang tepat serta jaringan bisnis yang memanfaatkan strategi waralaba/franchise. Waralaba atau franchise coba menjadi salah satu strateginya dalam menyebarluaskan produknya. Yohanes Chandra Ekajaya menjamin dan tidak melepas sendiri orang yang bermitra denganya. Yohanes Chandra Ekajaya akan membimbing sampai bisnis nya berjalan stabil dan mendapat keuntungan yang diinginkan.

Dok. Yohanes Chandra Ekajaya

 

Dari perhitungan dan analisis tersebut di dapatkan bahwa ada beberapa pilihan paket mulai dari 40 cups, 60 cups dan 75 cups. Semuanya itu memilki perbedaan pada jumlah penjualan dalam cup dan juga beberapa lama balik modal akan didapatkan. Ketika memilih penjualan paling banyak pastinya akan mendapatkan balik modal yang cepat pula.

Dari bisnis coklat nya ini Yohanes Chandra Ekajaya dapat meraup untung hingga Rp 100 juta perbulan. Terlebih saat ini dirinya juga memiliki beberapa bisnis baru seperti bisnis Q Pizza dan juga bisnis fashion You and Me yang semakin berkembang pesat. Jika di total dari ketiga bisnisnya ini keuntungan bersih yang di daptkaan bisa mencapai lebih dari Rp 100 juta.

Keinginan terbesarnya adalah semakin membuat bisnis yang dimiliinya untuk bisa menembus pasar mancanegara. Menurut Yohanes Chandra Ekajaya untuk bisa menembus pasar Mancanegara dibutuhkan kerja keras lebih serta inovasi produk yang pastinya berbeda dengan lainya dan juga  kualitas yang baik agar mampu bersaing dengan produk lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *