Yohanes Chandra Ekajaya Si Raja Pizza yang Tahan Banting

Pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya Si Raja Pizza

Yohanes Chandra Eka, pemilik waralaba Q Pizza merupakan seorang pengusaha sukses Indonesia yang tumbuh dari sebuah keluarga yang berkecukupan. Segala kebutuhan dipenuhi oleh ayahnya, bahkan Yohanes Chandra Eka dibelikan mobil saat dirinya masih duduk di bangku SMA. Namun, segalanya berubah drastis, ketika ayahnya yang merupakan seorang pebisnis bangkrut di tahun 2008. Setahun kemudian, Yohanes Chandra Eka pun hidup sebatang kara, karena ayah yang sangat dicintainya meninggal dunia. Ia pun kemudian tinggal dengan seorang pamannya, seorang pebisnis apel di daerah Malang, Jawa Timur.

Yohanes Chandra Ekajaya hanya mampu menyabet ijazah SMA, karena ia terpaksa tidak menyelesaikan kuliahnya di salah satu perguruan tinggi negeri di Semarang. Akhirnya, ia pun berjualan aneka makanan ringan yang ia distribusikan lewat beberapa warung-warung, kafe, kantin kampus, dan sebagainya. Namun, usahanya pun berhenti karena ia harus tertipu oleh rekan bisnisnya. Ia pun kemudian berinisiatif untuk membuat sebuah makanan yang dibuat lewat sistem waralaba.  Dengan anggaran yang pas-pasan akhirnya ia pun membuak sebuah outlet yang menyajikan menu makanan khas Eropa yaitu pizza. Nama produknya pun kemudian diberi label Q Pizza. Beberapa terobosan pun ia lakukan dengan menciptakan beraneka varian rasa untuk pizza andalannya tersebut. Ia pun juga mengaku bahwa terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas produknya dan tentu saja dengan harga yang terjangkau.

Q Pizza hantar kesuksesan Pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya

Saat ini Yohanes Chandra Ekajaya dikenal sebagai pebisnis sukses, dimana saat ini ia memiliki waralaba yang jumlah outletnya mencapai 430 unit di berbagai daerah.  Sebanyak 10 gerai dari jumlah total tersebut merupakan miliknya. Sisanya ia menggunakan sistem franchise. Ia menggunakan sistem franchise karena ingin mencetak seorang pengusaha.Untuk biaya waralab tersebut, Yohanes Chandra Ekajaya mematok harga Rp 3,5 juta untuk setahun dan setelah itu para mitra bisnis cukup membayar 50% dari harga paket waralaba tanpa dikenai tambahan biaya.

Biasanya para mitra bisnis Q Pizza pada umumnya mengalami balik modal setelah 2-3 bulan dengan asumsi penjualan 40 loyang untuk sehari. Naluri bisnisnya pun terus berkembang, dimana Yohanes Chandra Ekajaya merilis beberapa produk yang terus diperbarui per empat bulan sekali. Selain itu, Yohanes Chandra Ekajaya mematenkan label Q Pizza dengan menggelar stand dan kampanye pemasaran bersama para mitra bisnisnya. Kini, Q Pizza telah memiliki omzet hingga milliaran rupiah dalam satu semester.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *